Tips Interview Kerja 2 [Interview HR & Contoh Pertanyaan]

Kultwit 07 November 2012, share mengenai interview dengan HRD. Mungkin ini agak sedikit berbeda dengan interview user dan termasuk masih tahapan awal, silahkan disimak :

1. Interview dengan HRD adalah langkah paling awal interview ketika aplikasi CV kita ‘dilirik’ pencari kerja #IntvHR

2.Perlu kita pahami adalah perspektif HRD perusahaan, khususnya tim recruitment nya dengan mengamati tren rekrutmen sekarang #IntvHR

3.Semakin sedikit orang yang mengurus recruitmen di HRD,tak jarang hanya 1 orang level spv/mgr untuk recruitment di Perusahaan

4.Kita perlu paham sebenarnya si ‘Recruiter’ ini memiliki banyak sekali janji interview dengan berbagai macam jobdesc #IntvHR

5.Efeknya dia ga bakalan begitu mendetail tentang pertanyaan teknis,’Recruiter’ hanya punya default pertanyaan, kira2 10 pertanyaan #IntvHR

6.Apa aja pertanyaan ‘Recruiter’ itu? bisa di gugling. Yang lumayan lengkap http://t.co/cnMLqf87 , http://t.co/gRuhIgsh#IntvHR

7.Tentunya menghafal seluruh pertanyaan standar tersebut dan mempersiapkan jawaban terbaik adalah langkah yang paling sederhana #IntvHR

8.Untuk lebih advance kita perlu lengkapi statement2 tertentu yang mengundang ketertarikan ‘Recruiter’ #IntvHR

9.Apa saja statement2 tersebut?Biasanya statement yang mengundang ‘Recruiter’ bertanya lebih dalam lagi #IntvHR

10.Misal : Sy lihat anda banyak berorganisasi? | Oh,organisasi2 tsb kadang malah lebih memberi ‘banyak’ hal pada saya -> #Penasaran#IntvHR

11.Mengapa anda ingin pindah kerja? | Setelah sy pelajari, posisi ini memberi saya peluang untuk ‘belajar’ lebih banyak –> #Momen#IntvHR

12.Bagaimana perusahaan yang anda impikan? | Perusahaan yang selalu punya ‘rencana’ bagi pengembangan pribadi saya –> #Momen#IntvHR

13.Pertanyaan2 tadi sudah sy jwb persis dengan contoh jawaban tadi, hasilnya?Amazing, ‘Recruiter’ terpukau!! #Image terbangun pada #IntvHR

14.Tapi bedakan ya #IntvHR dengan #IntvUser ,klo User kita jawab kayak tadi bisa dihajar habis!!Saya pernah ngalamin.

15.Lah terus kalau HR ‘Recruiter’ Interview nya bareng User? ‘Recruiter’ ga bakal nanya banyak,pasti User yg byk nanya teknis #IntvHR

16.Jadi jika dirangkum #IntvHR : Ada pertanyaan Standard,General,mudah dipelajari,lempar statement2 menarik ..

17.’Recruiter’ yg bertanya lebih dalam dr pertanyaan standar krn ‘statemen2′ menarik kita dijamin akan membawa kita ke next proses #IntvHR

18.#IntvHR masih tahap sangat awal,tapi cukup kritis.Tanpa melewati ini gak akan sampai ke Offering gaji atau Medical Check Up

19.Kesan Pewawancara terhadap kita harus positif, tenang, ceria, humoris, detail, dan jujur.Perusahaan manapun pasti suka #IntvHR

20.#Pertanyaan HR : Adakah nilai2 dari orang tua anda yang sampai sekarang anda pegang teguh? –> mengarah kepada integritas, kejujuran

21.Apakah saya boleh menghubungi rekan / atasan anda di perusahaan sebelumnya? –> Re-check kebenaran pengalaman anda #IntvHR

22.Mengapa anda ingin pindah kerja? –> Check motivasi kita dan memastikan itu tidak terjadi di kemudian hari #IntvHR

23.Apa kelemahan2 anda? –> Klo kelebihan gampang ya?kelemahan gak banyak orang bisa jelaskan #IntvHR

24.Paling beracun : Wah kelihatannya prestasi dan pengalaman anda baik sekali ya? –> Kemampuan menerima apresiasi

25.Ada puluhan pertanyaan #IntvHR yang banyak tersebar di google,dan mimin rasanya sudah menjawab dengan sukses s/d 80% nya :D #IntvHR

 

Nah itu tadi sedikit Tips Interview Kerja dengan HRD, semoga shairng mimin bisa dipraktekkan ya. Jangan lupa di RT, like terus rekomendasikan buat followers nya ya :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: